Kamis, 27 Januari 2011

Superkonduktor Supertipis

By : Admin

superkonduktorpb

Superkonduktor supertipis yang dibuat dari logam timbal dengan ukuran ketebalan hanya dua lapis atom Pb telah diciptakan dan dikembangkan oleh Fisikawan di Universitas Texas, Austin USA. Dr. Ken Shih dan koleganya melaporkan sifat-sifat superkonduktornya pada Science edisi 5 Juni yang lalu.

Bila Anda belum tahu, superkondukor adalah unsur atau paduan logam dimana bila didinginkan mendekati titik nol absolute (0 0K), maka akan kehilangan nilai hambatan listriknya sehingga superkonduktor dapat menghantarkan arus listrik tanpa kehilangan energi dalam bentuk apapun (meskipun dalam setiap eksperimen hal ini sulit terjadi). Bukan berarti superkonduktot tidak memiliki hambatan sama sekali melainkan nilai hambatannya dapat diabaikan.

Superkonduktor sangat unik dikarenakan superkonduktor dapat menyimpan arus listrik dalam jarak waktu tertentu meskipun tidak ada sumber listrik yang terhubungan dengannya. Selain itu superkonduktor telah banyak diaplikasikan seperti pada mesin MRI, peralatan akselerator partikel, peralatan penelitian bidang quantum, dan berbagai macam aplikasi yang lain.

Pengembangan superkonduktor yang dilakukan oleh Dr. Shih ini akan menjadi dasar untuk pengembangan teknologi supekonduktor ketingkat yang lebih tinggi di masa yang akan datang. “Untuk dapat engontrol superkonduktor ini-Membentuknya dalam bentuk geometri yang baru-serta mengeksplorasinya merupakan suatu hal yang sangat menarik” kata Shih yang juga merupakan seorang berpredikat “Jane and Roland Blumberg Professor” dalam bidang Fisika.

“Harapan saya lapisan superkonduktor ini nantinya akan dapat ikut membangun beberapa peralatan yang berguna dan menyumbangkan sifat-sifat superkonduktifitas baru pada ilmu pengetahuan” kata Shih.

Pada superkonduktor, electron umumnya mengalir bebas diseluruh bagian material secara berpasangan dan peristiwa ini disebut sebagai “Pasangan Cooper”. Salah satu sifat yang sangat inovatif daripada superkonduktor milik Shih ini yaitu electron-elektron terbatas hanya bisa bergerak pada dua dimensi atau yang biasa dikenal sebagai “canel quantum”, seperti layaknya penari ballroom yang menari di atas lantai dansa. Dan menariknya lagi superkonduktor Pb ini tetap memiliki sifat superkonduktor yang sangat baik meskipun pergerakan elektronnya sangat terbatas.

Shih dan koleganya menggunakan teknik sintesis material tingkat lanjut untuk menyususn superkonduktornya yang hanya setipis dua lapisan atom Pb dan hasil yang mereka dapatkan lapisan timbale superkonduktor tersebut sangat uniform tanpa adanya impuritas. “Kami membuat lapisan film superkonduktor ini, dan dihasilkan struktur kristalin yang sangat sempurna-lebih sempurna dibandingkan lapisan film superkonduktor yang dibuat dari material lain”, kata Shih.

Referensi:

http://www.sciencedaily.com/releases/2009/06/090608095046.htm

Superkonduktor Supertipis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: freesitus.com

0 komentar:

Posting Komentar